Wednesday, March 28, 2007

otak tumpul

sejak lulus kuliah, rasanya otak ini makin tumpul. bukannya makin bego seh (makin pinter malah.. kekeke..)tapi tumpul dalam hal konseptual design. jaman dulu kuliah tu, ampir tiap kali berurusan dengan konsep. sebelum mulai sebuah proyek ato tugas, kita diminta untuk mikirin konsepnya dulu mateng-mateng. pokoknya sebuh konsep itu penting banget. sebagus apapun eksekusinya, klo konsepnya ga mateng..bye bye deh..

basic dalam sebuah konsep itu kita harus tau apa yang mao dibikin, untuk sapa sasarannya, pangsa pasarnya, blablabla. klo kita uda tau basicnya, baru deh mulai dipikirin dari kerangka itu bisa dikembangin jadi kaya apa. cara nyari konsep itu macem-macem. pertama, bisa brainstorming dengan orang lain. tuker pikiran. dari situ kita tau sudut pandang orang lain, bisa dapet ide baru. kedua, cari kata kunci yang paling pas. dari kata kunci itu, diperluas lagi jadi beberapa kata. terus dan terus. barulah dipilih sebuah kata kunci yang cocok. sistemnya kaya pohon yang bercabang n beranting serta beranak pinak. dulu buku sketsa gw penuh ama pu'un macem gini. ketiga, cari referensi dimanapun. toko buku, internet, brosur2 di jalanan. cem macem lha. keempat, semedi hingga turun wangsit.

makin di ujung semester kuliah, makin berurusan ama konsep. tiap ada pameran ato pemutaran iklan, diusahain dateng. bedah iklan n nangkep konsepnya. tekad gw waktu itu mao masuk advertising. gw berpikir klo masuk sebuah adv agency, kita bisa nuangin ide2 gila kita. bisa ini bisa itu. kan seru tuh klo liat iklan2 luar yang kreatip banget. bangga kalo bisa dapet award dari ide or konsep kita yang unik. pokoke kekeuh kalo bisa masuk ke adv agency.


tapi itu duluuu....jaman dimana otak masih segar. idealisme masih tinggi. toh idealisme tidak selalu sesuai dengan kenyataan -fakta dalam hidup : idealisme vs kenyataan-. waktu selese kul, gw langsung apply kerjaan, dengan cita-cita mulia yaitu mo foto keluarga pake duit sendiri -tradisi.. klo ad yg wisuda langsung poto keluarga-. kerjaan yang gw dapet masi berbau-bau iklan seh. tapi disini konsep ampir ga kepake. soale apa2 harus ngikutin klien. ga ada deh konsep2an. pokoknya klien bayar, kita nurut. hmm... terdengar menyebalkan yah buat yang masi idealis. tapi toh lagi2 idealisme vs kenyataan..tidak selalu sejalan. mulai itulah otak gw mulai jarang olah konsep. dan ampe sekarang, kerjaan gw tidak terlalu menuntut sebuah konsep. secara kantor gw megang brand luar, semua uda ada guideline nya.

makanya ni skrg tiba2 aja gw mikir lagi, kayanya otak gw dah mulai tumpul soale dah kelamaan ga diasah ama konsep dan ide2 yang dalem. mungkin bisa dibilang lebih tepatnya males mikir. hehe. uda kebiasaan kaga puter otak, jadi males.

klo ntar tiba-tiba dihadapkan pada sebuah proyek yang membutuhkan kematangan konsep, kira2 gw otak gw dah tumpul blum yaaaa....

Monday, March 26, 2007

wiken trip

waow..uda masuk minggu ke empat bulan maret. cepet banget..
rutinitas masi terus jalan. di hari senin pagi ini, rasanya ngantuk banget.
ditemenin ama lagu2 jazz nya si om rod, makin males kerja deh ni..hehehe

ini gara2 wiken kemaren gw pergi bareng temen2 yang edan.
hari jumat, pulang kantor gw pulang naek buswae seperti biasa, trus ketemuan ama honi.
setelah makan bareng n nongkrong2 bentar, berangkatlah gw ke sebuah mall di barat jakarta. tujuannya buat ngumpul2 ama para wong edan. lama ga ketemu rasanya kangen. ritual pertama yang selalu kita lakukan klo ketemu adalah saling mencela. puas mencela, saling bercerita. ketawa ketiwi. ampe ga berasa waktu uda jam setengah 11 malem. toko2 dah pada tutup. kayanya emang uda harus angkat kaki keluar dari mall. aneh juga rasanya berjalan di lorong pertokoan yang uda pada tutup. etalase yang biasa terang benderang, sekarang gelap gulita.

keluar dari mall. menuju tempat berikutnya yaitu menjemput sobat yang sedang desperado menunggu di kantornya. hehehe. ya iyalah, nunggu di kantor ampe jam 11. ditemenin ama nyamuk.
setelah menjemput sobat, tercetuslah ide mendadak untuk pergi memuaskan nafsu duniawi kami, yaitu
karoke...(apalagi??!!) putar roda mobil tanpa ragu-ragu dan langsung menuju sebuah gedung yang berkerlap kerlip diantara kegelapan malam.
setelah puas melampiaskan nafsu, kira-kira jam 2 dinihari. kita menuju tujuan berikutnya yaitu kota tetangga.
perjalanan panjang ditemani beberapa kaleng pringles dan gelas air mineral. tiba disana jam setengah lima pagi. langsung menuju tempat pemandian air panas. konon katanya air yang mengandung belerang ini bisa menyembuhkan ato menghaluskan kulit. katanyaaaa....
sepi banget. ya iya seh, sapa juga yang dateng subuh2 buat berendem -kecuali para edan-

setelah cukup berendam ampe badan keriput. berbereslah kita dan sarapan pagi roti tawar cocol skipi di mobil. sambil menikmati udara pagi dan istirahat ala kadarnya. setelah cukup bersantai ria, perjalanan dilanjutkan dengan putar-putar kota tanpa tujuan alias nyasar. de javu mulu soale ngelewatin jalan yang sama berkali-kali.
tiba di sebuah pusat hiburan yang baru dibuka, kita mengistirahatkan tubuh sejenak di dalam gedung teater baru yang luas. walopun film yang ditonton ga terlalu bagus, tapi lumayanlah buat menobatkan diri sebagai anak2 gaul soale uda sempet ntn disini..kekeke..

setelah senja mulai tampak, kita memutuskan untuk mengistirahatkan diri di tempat yang layak. ya iyaaa..wong dari hari jumat kerja seharian ampe detik ini blum tidur, ditambah karokean ampe dini hari pula. abis istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan nyasar-nyasar-buang-buang-waktu yang ga jelas itu. gw cut aja deh ampe disini. a.k.a malesceritainnyasoalemasipanjang..hoho

yah itulah kalo pergi ama temen2 edan..serba ga jelas, aneh, melelahkan dan..menyenangkan..huahaha
makin cape makin seru..!!!!
yang ada sekarang ini di kantor, kepala gw serasa ditemplok helm besi..beraaat banget...
ngantuk euyyy....

Thursday, March 22, 2007

what's your name

tuut...tuut...
suara di seberang (sds) : customer service selamat siang
suaraku yang merdu (skym) : selamat siang, saya mo nanya blablablabla
sds : baik, ini dengan mba siapa ?
skym : dengan cie

sds : tie?
skym : c i e
sds : kie ?
skym : hmm...yaa (nada melemah males benerin)

ringtone bernyanyi nyanyi
skym : haloo
sds : selamat siang, saya dari xxx ingin menanyakan blabablaba
skym : oh ok
sds : ini dengan ibu siapa?
skym : cie
sds : baik bu REGE, saya akan menjelaskan beberapa hal..
towet..toweet..
REGE ??? dilihat dari manapun, kata C I E dan R E G E ga ada mirip2nya sama sekali...

apotek di malam hari
apoteker : selamat malam
gw : saya mo nebus resep (sambil kasi resep -tertulis Nn. Cie Yanaty-)
apoteker : (liat resep) resep atas nama Bapak Liyanto yah
gw : .....

itulah sekilas kejadian-kejadian yang sering gw alami kalo nyebut nama gw. minimal harus nyebut 2 kali deh kalo baru pertama kenal. seperti yang pernah gw blg, ini kira-kira asal nama gw. orang suka salah mengartikan nama gw sebagai nama chinesse, angka satu dalam bhs padang (ciek duo tigo), ato bahkan istilah gaul (ciieeeehhhhh....). padahal itu salah semuaaaa....hehehe

dulu jaman sd, waktu masi naek mobil jemputan sekolah, si bapak supir manggil gw Nati -cie yaNATY- . sounds ndesoo ya. hehe. trus pernah waktu ikut sekolah minggu, dipanggil ama kakak pembimbingnya Ana -cie yANAty- . ceile..kesannya manis benerr..ana.. pas smp, gw dipanggil dengan nama lengkap tapi pengucapannya dipersingkat jadi Cianati -cie yanaty dibaca dengan cepat-.

ketika pindah sma, which is serba baru semua, lingkungan baru, temen baru, gw dipanggilnya Cie. nah sejak itulah panggilan itu netep ampe sekarang. pertamanya seh berasa aneh dipanggil cie..cie..(cie dengan sedikit penekanan pada huruf e, jadi bukan cie yang ngambang ato ciek yang bertekanan.hehe). tapi lama-lama jadi biasa. pas kuliah nama cie makin beken -huehehe hueek- jarang ada yang manggil dengan nama lengkap. buat beberapa temen deket, nama gw yang cuma 3 hurup dipangkas lagi jadi ie. walah..tapi lucu juga dipanggil ie. berasa lebih deket. lagian terdengar lebih kiyut bukan? kekeke.

di kantor gw yang sekarang, ntah kenapa nama gw dipangkas lagi neh, tapi kalo biasanya cie jadi ie, kalo ini cie jadi ci. adaptasi lagi deh... gapapa lha, asal jangan cik aje yee (cik dengan penekanan)..nci-nci maksudnya..ugghh paling males kalo dipanggil itu (ga tau kenapa, kayanya berasa tuir banget). walopun buat orang yg ga tau nama gw, pasti disangkanya gw dipanggil cik or cicik... -padahal yang manggil rata2 lebih tua..hihihi-

whatever lha..u can call me anything..
seperti kata sheakspeare.. apalah arti sebuah nama..kekeke

Tuesday, March 20, 2007

saluran berkat

gw baru dapet istilah ini beberapa hari yang lalu. artinya kurang lebih adalah orang yang menjadi pemberi berkat bagi orang lain, baik itu disadari maupun tidak disadari. menjadi saluran berkat bisa dengan berbagai cara, pastinya adalah dengan menolong orang lain. cara yang paling jelas adalah memberikan sumbangan materi bagi orang yang butuh. nah klo menjadi saluran berkat bagi orang lain secara ga sadar itu kira-kira seperti apa ya.

kemaren ini, ada seorang teman yang menelpon gw tengah malam. dalam percakapan itu, dia membahas mengenai masalah-masalah dia. emang kebetulan lagi complicated banget seh. masalah yang datangnya beruntun. dan gw (seperti biasa) mendengarkan dan mencoba untuk memberi beberapa masukan. and u know what..gw dianggap menjadi saluran berkat.. i think that's amazing.. hal yang ga gw sadari, dari ucapan yang gw berikan, buah pemikiran gw, sekedar saran dan sedikit motivasi semua itu bisa jadi saluran berkat buat temen gw.

just a simple sharing aja sih. kalo ternyata selama ini profesi counselor-counseloran yang gw geluti bisa jadi sebuah hal yang berarti buat orang lain. glad to hear that.. ga sia2, dulunya pengen masuk psikologi tapi gw urungkan. sekarang malah jadi designer sekaligus psikolog (gadungan)..kekeke...

Friday, March 16, 2007

left eye

ini bukan tentang almarhumah Lisa Left Eye anggotanya TLC itu loh.

tapi ini tentang mata kiri gw. ga tau kenapa beberapa minggu terakhir ini, mata gw yang sebelah kiri suka tau2 memutih pandangannya. misalnya lagi kerja di depan komputer, trus tau2 mata yang sebelah kiri kaya silau gitu. kebayang ga? kalo kaya orang kurang darah, lagi duduk trus langsung bangkit berdiri. biasanya kan pandangan langsung memutih dan kabur. pandangannya harus disesuain lagi. nah, mata gw juga kaya gini. tapi cuma yang kiri doank.

kalo dibilang ini karena kurang darah, masa seh suka tiba-tiba gitu. padahal kan cuma duduk doank. kaga ada kegiatan yang berubah drastis kaya duduk-berdiri-duduk-berdiri

ato ini karena radiasi komputer. soale klo diitung-itung tiap hari selama kurang lebih 9 jam di kantor, mata gw melototin kompi mulu.
minus nambah? ah dari jaman dulu minus selalu nambah tapi ga kaya gini.
entah karena apapun itu, tapi yang pasti mengganggu aktivitas gw neh. bawaannya jadi ga enak. mata picek. kinerja kerja jadi tidak sempurna. ceilleeh...
masa harus ke dokter mata? males ah. masalahnya ini ga bisa dicek secara harafiah, mata gw ga merah. ga keliatan secara fisik.
mungkin obat yang paling mujarab adalah mengistirahatkan mata gw kali ya. rehat total dari dunia perkomputeran. can i? mengingat segala pekerjaan dan aktivitas gw mayoritas di depan kompi. hmm...
well, berhubung bentar lagi libur panjang...mudah2an misi rehat mata ini sukses..
long weekend..here i come....!!!!

Wednesday, March 14, 2007

ordinary day

hari ini hari yang biasa
alarm menjerit bangun dengan paksa

letakkan kembali kepala di atas kain empuk
menghirup aromatherapy alami
terbangun lagi matahari mulai tersenyum
sekedar doa pagi untuk menyapa 'yang kucinta'

segarkan mulut mandikan gigi
bahasi rambut beri pembersih
siram badan lulurkan pewangi

pilih atasan yang akan memperindah

kenakan bawahan yang bisa melengkapi
semprotkan percikan air wangi

tidak sarapan hari ini
hanya sapaan pagi
untuk memulai hari

----------------------------------------------------------------------------
ah..just an ordinary day.. ngantuk..
buswae rame, antrian rusuh
kerjaan menanti..deadline euuyy deadline..
semoga hari ini jadi hari yang menyenangkan
amin

Monday, March 12, 2007

7 things i love & 7 things i hate

iseng aja berbagi, kira2 apa seh hal-hal yang gw suka n gw sebel..
kenapa tujuh, coz its my fave number..hehe..
let's see..

loves :
1. pets..animals..mammals.. semuanya deh, anjing kucing simpanse hamster sapi kambing babi kurakura...apa aja..love them all.. (spesialisasi suka anjing ato kucing kampung yang culun-culun) -saking sukanya ama binatang, gw ngumpulin gbr2 binatang lucu trus dikliping dalem folder-

2. piano - denger, liat, maen pokoke aktivitas yang berhubungan dengan piano..i love it -
3. barang-barang lucu yang ga penting. biasanya yang gambar binatang2 dan berwarna BIRU

4. buku cerita anak-anak yang ilustrasinya bagus. jenis ilustrasinya jg bukan yang anime jepang, tapi yang kebarat2an, dengan warna soft dan bertekstur halus. kaya peter rabbit lha kira2.
5. lagu-lagu bernuansa jazzy n swing. bikin hati tentram dan badan mengayun-ngayun. hmm... -merem melek-

6. sambel goreng terasi. trus pake krupuk..nikmat...
7. tidur ama noenoeng...haha

hates :
1. cium bau asap rokok di ruangan sempit -kaya di angkot- bikin napas sesek.
2. benda berbolong-bolong kecil-kecil dalam jumlah banyak. mungkin kaya pola bika ambon. ga semua sih, tergantung dari patternnya. hehe.
3. adegan kekerasan..sadisme..
4. cah toge. dulu pernah makan cah toge yang bau angus. kalo toge goreng seh masih doyan...
5. softlens..eeuuu...klo pake soflens pasti harus ada adegan menangis - baik ketika memasang maupun melepas- sayangnya yang satu ini ga bisa dihindari -pada acara2 tertentu gw dituntut utk ga pake kacamata-
6. para pengantri buswae yang rusuh..iihh..kaya rebutan masuk surga aja..sodok sana sodok sini..
7. kecoa terbang. berasa diterror.. tapi ga tega juga matiinnya.. - mati luh..mati luh..tepok-tepok pake sendal -

so..itulah kira-kira 7 hal yang gw suka n gw sebel... whats yours ^^
-----------------------------------------------------------------------------------
postingan ringan di hari senin siang yang bikin ngantuk

Wednesday, March 07, 2007

banci karaoke

semalem pulang jam setengah 2 pagi gara2 karoke.
kalo diitung2 dalam kurun waktu 2,5 minggu uda karoke 3 kali (range waktu pk. 21.00 - 01.00)
dan tampaknya tak lama lagi ruangan kedap suara itu akan dikunjungi lagi (freepass bow..)

kegiatan karoke ini emang ga kenal waktu dan personel. mao hari kerja ato weekend. siang ato malem. mao berdua doank ato bahkan berbelas-belas. pokoke karoke...

bermula dari jaman kuliah, ada 1 mata kuliah yang bener2 bikin mata harus diganjel. berhubung kami itu anak2 yang lincah dan hiperaktif, tercetuslah ide untuk pergi bernyanyi dan bersuka ria pada jam kuliah tersebut. dengan penuh percaya diri menyeberang jalan raya dan menumpang angkot menuju sebuah mall di sebelah utara jakarta. setelah puas berteriak dan membaca text di layar -belum bisa disebut bernyanyi karena titian nada jauh dari jangkauan..huahuahuaheu- kembalilah kita ke kampus tercinta untuk melanjutkan studi sebagai mahasiswa teladan.


dan kegiatan itu berlanjut hingga kini. kalo ada hajatan ato kumpul2 bareng ato sekedar lagi gangapangapainnih, pasti larinya karoke. rasanya hepi kalo kumpul rame2 trus "nyanyi" n teriak-teriak. masalah kemerduan suara, itu nomor kesekian...

tempat kita berkaroke juga variatif. kalo jaman dulu itu, ada tempat karoke namanya Safari, suasananya jungle gitu. klo mo request lagu harus tarik urat leher dulu buat manggil operatornya. blum lagi klo operatornya rada lemot, bisa agak alot menyebut judul lagu yang pengen kita nyanyiin. blum nyanyi keburu abis suaranya. klo mo yang kerenan dikit sistemnya pake remote kontrol n katalog kode lagu. yg ini agak mending dibanding operator, walopun harus susah2 nyari kode lagu n mencet ke dalam playernya. paling kita dibuat agak picek ngeliat daftar kode lagu yang jumlahnya ribuan itu. lebih mending kan dibanding teriak2 manggil operator -sama-sama pilihan yang ga enak-. klo sekarang uda canggih neh, sistem komputerisasi. tinggal ketik judul lagu dan pencet enter. secara otomatis lagu pilihan kita masuk dalam playlist di monitor. praktis, mata ga picek n suara ga serek.

dari kegiatan berkaroke ini, kita jadi tau sedikit mengenai selera seseorang. tebak aja dari pilihan lagunya. apakah dia ini pecinta produk lokal. ato pembelot yang selalu mencari lagu2 dari kiblat lain. karena seringnya gw berkaroke ria dengan berbagai teman yang berbeda, gw bisa tau kalo karoke dengan orang2 ini brarti mayoritas bakalan nyanyi genre tertentu. misalnya kalo gw karoke dengan sesama teman yg selera lagunya sama, pasti di list song kita akan terdaftar lagu2nya michael buble, sinatra n lagu2 lain yang agak swing jazzy. klo gw karoke ama honi, pasti pilihan lagunya yang masi agak baru n berbau2 boyband..ahahaha...ato mungkin klo karoke ama temen2nya honi, pilihan lagu mreka lokal abis..biasanya gw agak2 mati gaya nih, soale gw kurang tau produk lokal seh (dasar pembelot).

untuk pilihan yang norak, gw identik dengan lagu putri panggungnya uut. ni gara2 gw dapet partner goyang nge-cor juga seh -nyalahin orang laen..hehe- (katanya seh suara gw bisa kaya uut banget, uut yanaty..hueekk...). tapi sekarang uda bukan era putri panggung lagi, pilihan beralih dan jatuh pada cucok rowo..ahiahahaha.. - biasanya klo nyanyi ini, gw terancam dirajam dan dihujat massa -

kira2 ni top five listing lagu yang biasa gw request klo karoke
(ga selalu lagu2 ini seh, tergantung mood n karoke ama sapa..hoho)
1. fallen - lauren wood
2. every morning - sugar ray
3. my way - frank sinatra
4. misty - unknown
5. quando,quando,quando - michael buble feat nelly furtado
- koq kayanya ga cukup 5 yah..masi banyak sebenernya -

kira-kira apa ya panggilan yang cocok buat kita.. BANCI KAROKE..??!!!

hmm..yess.. you can call us that..
nih para tersangka utama banci karoke..







-dokumentasi tidak lengkap dikarenakan terlalu seringnya karoke-

Monday, March 05, 2007

sebel

copyright by blue_cat07
---------------------------------------------------------
ketika hati kesal
-- kebebasan dikekang --