Wednesday, May 05, 2010

plastik

plastik oh plastik.. kau membebani hidupku -_-

bukan karena apa, tapi karena di satu sisi gw belum bisa lepas dari bayang2 plastik, dan di sisi lain gw "gerah" liat orang lain menghambur2kan plastik. jeleknya lagi, gw belum punya keberanian penuh untuk negor. kalo orang2 deket sih enak bilanginnya. tapi kalo sama yang lain, masi sungkan buat bilanginnya.

gw sendiri berusaha semaksimal mungkin (versi gw) untuk ngurangin penggunaan plastik dalam kehidupan sehari2. yah gw anggap setidaknya dimulai dari diri gw sendiri, walopun hanya 1 orang tapi berdampak lah untuk ngurangin keberadaan plastik di muka bumi ini.

reduce
- selalu bawa sebuah kantong kain ajaib-nan-serbaguna. jadi kalo belanja,tinggal cemplungin dalam tas ajaib itu. kecuali kepepet misal belanja minyak goreng, susu bayi berkaleng2, dan belanjaan lain yang berat & gede. tapi sebenarnya sih gw pny kantong gede ijo yang bisa dipake berulang2 dari sebuah hypermarket ternama, cumaaa gw suka lupa bawa :(
- beli lunch box kedap air buat bawa bekal ke kantor. spy kalo bawa kuah ga bakal tumpah. rela deh bawa 3 kotak ke kantor, buat nasi, tumisan (yg ga bisa dicampur ke nasi) n kuah. ribet..ribet deh. demiii... *jujur gw jg males, tapi apa bole buat*
- nolak pake plastik kalo belanja. no thanks. i have my own bag. (again..kecuali super kepepet misal beli baso kuah pas plg kantor, ga mgkn ga pake plastik)

oke, kalo kita ga bisa bener2 menolak plastik itu, setidaknya kita bisa manfaatin lagi dengan cara..

reuse
- plastik bekas layak pakai ga gw buang untuk dipake lagi.
- kalo bingung mau dikemanain tuh plastik2 bekas, biasanya nyokap bawa ke pasar dan kasi ke bapak2 ato ibu penjual untuk mereka pake. lumayan toh, mereka ga perlu ngeluarin uang buat plastik, nyokap bisa dapet cabe ato bawang beberapa butir (bonus aja sih, haha) dan bumi ini ga perlu keberatan sama plastik2 itu. semua senaaang :) simbiosis mutualisme
- suka diem2 ambil plastik masi bagus yg mau dibuang (uda kaya maling) di rumah ato di kantor, norak sih emang. abisnya ga tega. at least kan bisa dipake lagi ato nampung sampah lah setidaknya :p
- sebisa mungkin tidak ada plastik yang terbuang sia2.. *abstrak, susah dijelasin* haha

yang terakhir ini gw belum praktekkin.. yaitu recycle. mudah2an ke depannya ada kemajuan :p

oiya ada 1 dilema nih.. botol2 kemasan shampoo ato sabun, suka ga tega buangnya. klo dikumpulin n buang utuh, bisa dipalsuin. tapi kalo dirusak sebelum dibuang, ga bisa dipake lagi donk.. enaknya sih ada 1 penadah resmi yang bisa nyalurin tu botol2 ke pabrik yang bersangkutan :D so far gw ambil jalan tengah, buang tapi copot label merknya

kira2 itu yang bisa gw lakukan ttg plastik ini. masi ada banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk ngurangin penggunaan plastik. oiya, honi yang uda suka liat kebiasaan2 gw ini, lama2 terpengaruh juga, kalo beli sesuatu jadi nolak plastik :D
see? gw yakin sedikit banyak, ini bisa membawa perubahan lingkungan.

yuk kita mulai dari diri kita masing2 :)

--------------------------------------------------
terkadang masi suka nutup mata n sok cuek demi ga dibilang sok-idealis-mo-nyelamatin-bumi-dengan-peduli-plastik :(
and i feel bad -_-

Tuesday, May 04, 2010

hurts

Asinya cuma 3 bulan?
"Lu kurang usaha sih"

..
..

Ouwch.. It hurts